BIMBINGAN TEKNIS DAN UJI COBA WEBSITE KIM SI - MAKLE'AT BAGI DESA/KELURAHAN LINGKUP PEMERINTAH KABUPATEN BELU

  • Yandro
  • Jun 26, 2024

Pemerintah Kabupaten Belu melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menggelar Bimbingan Teknis dan Uji Coba Website Kim Si - Makleat bagi Desa/Kelurahan Lingkup Kabupaten Belu di Aula Dinas Kominfo Kabupaten Belu pada Rabu 26/06/2024 . 

Bimtek menghadirkan narasumber  Suri L. Eduard, S.Kom juga Kepala Bidang Hubungan Media dan Sumber Daya  Dominikus Mali, S. Sos Kepala Bidang Layananan Informasi Publik Zelia L. Da Costa, S.STP.

Kepala Bidang Layananan Informasi Publik menuturkan KIM adalah Lembaga layanan yang dibentuk dan dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat yang berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai kebutuhannya terletak di perkotaan/pedesaan. 

Ditambahkan, KIM berkedudukan di tingkat desa dan kelurahan sebagai wujud partisipasi masyarakat dalam pembangunan di bidang komunikasi dan informasi. Bersifat mandiri (bebas/independen) dan swadaya dan non partisan atau tidak terkait dengan partai atau kepentingan politik apapun.

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sebagai mitra kerja dan mitra dialog pemerintah kabupaten dapat menjadi filter informasi. KIM juga bisa mengundang atau meminta bantuan pemerintah untuk memberikan penjelasan maupun penyuluhan terhadap persoalan yang sedang dianggap penting. Untuk itu perlu kesiapan Pemerintah Desa untuk memberikan dukungan dan memfasilitasi keberadaan KIM.

Dengan adanya UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Dinkominfotik Kabupaten Belu melaksanakan pembinaan terhadap KIM sebagai lembaga layanan informasi Masyarakat terhadap isu-isu pembangunan sesuai dengan kebutuhannya.